A. DEFINISI
TEMPO.CO
Sejak awal
terbit dua belas tahun silam, Koran Tempo secara konsisten menyajikan berita-berita eksklusif
baik itu ekonomi, sosial, maupun politik yang sedang hangat dibicarakan di
tingkat lokal maupun nasional. Berita-berita itu ditulis lebih lengkap dan
mendalam ke ruang publik. Dibandingkan dengan pemberitaan di media online yang lebih
singkat dan tidak mendalam, Koran Tempo menyajikan berita yang ditulis secara
mendalam, lengkap dengan konteksnya, dan eksklusif. Dengan demikian, pembaca
dapat memahami berita yang dibaca.
Tempo.co menjadi
trendsetter berita online sejak diluncurkan 23 November 2011 menggantikan situs
berita Tempo Interaktif. Setiap bulan jumlah pengunjungnya terus
meningkat. Rata-rata setiap bulan situs ini dikunjungi oleh 11 juta orang.
Begitu pula dengan peningkatan jumlah halaman (page view) yang rata-rata
dikunjungi sekitar 55 juta per bulan. Peningkatan itu terjadi berkat inovasi content
yang terus dilakukan, diantaranya dengan menambahkan tampilan audio dan video
dan sajian infografik yang memikat.
Selaras
dengan perkembangan pesat teknologi komunikasi, Tempo Media Group melangkah memasuki
bisnis media digital. Perseroan sangat serius dan fokus dalam merancang
aplikasi digital, diantaranya untuk platform iOS dan Android hampir semua
produk cetak Tempo. Tempo.co terus menerus mempelajari bidang baru ini,
Perseroan juga menanamkan investasi untuk menambah dan melengkapi infrastruktur
server, peningkatan kapasitas bandwidth serta pengembangan situs Tempo.co.media
ini bertujuan meningkatkan mutu dan jumlah berita di setiap produk Tempo.
B. TIPE SISTEM E-COMMERCE TEMPO.CO
Tipe sistem e-commerce Tempo.co adalah business to
costumer dimana Tempo.co menyajikan berita-berita bagi para pembaca dan
memasang iklan yang terbuka untuk umum dan dapat disebarkan kepada umum
sehingga pembaca berita tertarik akan produk yang ditawarkan.
C. MODEL
BISNIS
Tempo.co
merupakan salah satu model bisnis portal dimana website penjualan memiliki
penawaran yang terintegrasi meliputi email service, online advertisement, news,
search engine, streaming, calendar, dan sebagainya. Model bisnis portal juga
merupakan salah satu bentuk e-commerce yang berisi berbagai informasi
didalamnya, mulai dari berita politik, ekonomi, olahraga, teknologi, sampai
dengan berita berita ringan mengenai kehidupan selebriti, gaya hidup, dan
lainnya. Tempo.co termasuk ke dalam portal horizontal dimana topik yang
disajikan dalam muatan berita bersifat luas.
D. MODEL
PENDAPATAN
Sumber
pendapatan utama dari Tempo.co adalah dari iklan dan sirkulasi digital. Seperti
yang dikutip dalam laporan tahunan Tempo.co dimana pada tahun
2013 peningkatan laba kotor sebesar 16 persen, pertumbuhan laba usaha sebesar
127 persen, naiknya laba sebelum pajak sebesar 146 persen dan laba bersih
sebesar 186 persen. Pencapaian kinerja keuangan yang sangat positif tersebut
dihasilkan dari sejumlah faktor, antara lain:
-Pendapatan
iklan sebesar Rp 139,6 yang berasal dari peningkatan iklan majalah Tempo, Tempo.co,
majalah HOG, dan majalah Komunika.
-Pendapatan sirkulasi sebesar Rp 62,5 miliar yang berasal dari peningkatan pendapatan
sirkulasi Koran Tempo dan majalah Tempo.
Pemasangan
iklan di Tempo.co terbuka untuk umum dengan menghubungi bagian costumer service
yang tersedia di halaman utama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar