Selasa, 15 November 2016

ANALISIS SISTEM PORTAL BERITA ONLINE TEMPO.CO



A.    DEFINISI TEMPO.CO
Sejak awal terbit dua belas tahun silam, Koran Tempo secara  konsisten menyajikan berita-berita eksklusif baik itu ekonomi, sosial, maupun politik yang sedang hangat dibicarakan di tingkat lokal maupun nasional. Berita-berita itu ditulis lebih lengkap dan mendalam ke ruang publik. Dibandingkan dengan pemberitaan di media online yang lebih singkat dan tidak mendalam, Koran Tempo menyajikan berita yang ditulis secara mendalam, lengkap dengan konteksnya, dan eksklusif. Dengan demikian, pembaca dapat memahami berita yang dibaca.

Tempo.co menjadi trendsetter berita online sejak diluncurkan 23 November 2011 menggantikan situs berita Tempo Interaktif. Setiap bulan jumlah pengunjungnya terus meningkat. Rata-rata setiap bulan situs ini dikunjungi oleh 11 juta orang. Begitu pula dengan peningkatan jumlah halaman (page view) yang rata-rata dikunjungi sekitar 55 juta per bulan. Peningkatan itu terjadi berkat inovasi content yang terus dilakukan, diantaranya dengan menambahkan tampilan audio dan video dan sajian infografik yang memikat.

Selaras dengan perkembangan pesat teknologi komunikasi, Tempo Media Group melangkah memasuki bisnis media digital. Perseroan sangat serius dan fokus dalam merancang aplikasi digital, diantaranya untuk platform iOS dan Android hampir semua produk cetak Tempo. Tempo.co terus menerus mempelajari bidang baru ini, Perseroan juga menanamkan investasi untuk menambah dan melengkapi infrastruktur server, peningkatan kapasitas bandwidth serta pengembangan situs Tempo.co.media ini bertujuan meningkatkan mutu dan jumlah berita di setiap produk Tempo.


B.     TIPE SISTEM E-COMMERCE TEMPO.CO
Tipe sistem e-commerce Tempo.co adalah business to costumer dimana Tempo.co menyajikan berita-berita bagi para pembaca dan memasang iklan yang terbuka untuk umum dan dapat disebarkan kepada umum sehingga pembaca berita tertarik akan produk yang ditawarkan.

C.     MODEL BISNIS
Tempo.co merupakan salah satu model bisnis portal dimana website penjualan memiliki penawaran yang terintegrasi meliputi email service, online advertisement, news, search engine, streaming, calendar, dan sebagainya. Model bisnis portal juga merupakan salah satu bentuk e-commerce yang berisi berbagai informasi didalamnya, mulai dari berita politik, ekonomi, olahraga, teknologi, sampai dengan berita berita ringan mengenai kehidupan selebriti, gaya hidup, dan lainnya. Tempo.co termasuk ke dalam portal horizontal dimana topik yang disajikan dalam muatan berita bersifat luas.

D.    MODEL PENDAPATAN
Sumber pendapatan utama dari Tempo.co adalah dari iklan dan sirkulasi digital. Seperti yang dikutip dalam laporan tahunan Tempo.co dimana pada tahun 2013 peningkatan laba kotor sebesar 16 persen, pertumbuhan laba usaha sebesar 127 persen, naiknya laba sebelum pajak sebesar 146 persen dan laba bersih sebesar 186 persen. Pencapaian kinerja keuangan yang sangat positif tersebut dihasilkan dari sejumlah faktor, antara lain:
-Pendapatan iklan sebesar Rp 139,6 yang berasal dari peningkatan iklan majalah Tempo, Tempo.co, majalah HOG, dan majalah Komunika.
-Pendapatan sirkulasi sebesar Rp 62,5 miliar yang berasal dari peningkatan pendapatan sirkulasi Koran Tempo dan majalah Tempo.
Pemasangan iklan di Tempo.co terbuka untuk umum dengan menghubungi bagian costumer service yang tersedia di halaman utama.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar